PENGEMBANGAN KURIKULUM

Kurikulum itu sebagai:

  1. Upaya pendidikan
  2. Aktivitas peserta didik
  3. Pengalaman
  4. Rencana pembelajaran
  5. Dokumen tertulis

Jadi kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelengaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.

Hakekat kurikulum

  • Kurikulum sebagai suatu ide: yang dihasilkan melalui teori-teori dan penelitian, khusus dalam bidang kurikulum dan pendidikan
  • Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, sebagai perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide; yang didalamnya memuat tentang tujuan, bahan, kegiatan, alat-alat dan waktu.
  • Kurikulum sebagai suatu kegiatan, yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu brencana tertulis dalam bentuk praktek pembelajaran
  • Kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan konsekuaensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan dalam bentuk ketercapaian tujuan kurikulum yakni tercapainya perubahan perilaku atau kemampuan tertentu para peserta didik

Perubahan > pengembangkan, harapannya di arahkan ke arah yang bagus. Terkait dengan prosedur pengembangan (harus berdasarkan pada analisis kebutuhan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 846,003 hits
Alesha lagi trsenyum..
%d blogger menyukai ini: