REFLEKSI DARI BUKU PERPUSTAKAAN, KEPUSTAKAAN, DAN KEAKSARAAN (PKK)

Pendekatan PKK (3-Ls) adalah suatu pendekatan yang menggabungkan 3 unsur penting dalam pendidikan keaksaraan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Unsur tersebut terdiri dari Perpustakaan, Kepustakaan dan keaksaraan.

Perpustakaan sebagai lembaga yang mengelola sumber informasi semestinya menduduki posisi kunci dalam proses pendidikan dan pelatihan yang ada, baik di lingkungan sekoah, luar sekolah, dunia kerja, maupun masyarakat pada umumnya. Melalui penyediaan perpustakaan, siswa dapat berinteraksi dan terlibat langsung baik secara fisik maupun mental dalam proses belajar. Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari program sekolah secara keseluruhan, dimana bersama-sama dengan komponen pendidikan lainnya turut menentukan keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran. Melalui perpustakaan siswa dapat mendidik dirinya secara berkesinambungan.                                                                                                                   Secara umum perpustakaan sekolah sangat diperlukan keberadaanya dengan pertimbangan bahwa:

  1. perpustakaan merupakan sumber belajar,
  2. merupakan salah satu komponen sistem instruksional,
  3. sumber untuk menunjang kualitas pendidikan dan pengajaran,
  4. sebagai laboratorium belajar yang memungkinkan siswa dapat mempertajam dan memperluas kemampuan untuk membaca, menulis, berpikir dan berkomunikasi.

Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dapat dilakukan di antaranya adalah melalui:

  1. Kunjungan atau mendatangi perpustakaan untuk membaca buku dan atau meminjamnya;
  2. Penugasan kepada siswa atau mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas di perpustakaan (sumbernya di perpustakaan)
  3. Mengadakan lomba karya ilmiah yang diselenggarakan oleh perpustakaan, misalnya dengan tema membangun minat baca, tanggung jawab remaja dalam pembangunan, dan sebagainya;
  4. Mengadakan bazar buku, dan lain lain.

Untuk mengembangkan perpustakaan sebagai sumber belajar perlu diciptakaan atmosfir sekolah yang menunjang. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah adanya pengembangan program kebiasaan membaca untuk menumbuhkan minat membaca siswa. Diharapkan penyediaan sarana untuk peningkatan kegemaran membaca siswa akan berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan membaca.                                                                              Melalui Perpustakaan (Library) ini pulalah manusia, apakah dia seorang ahli, teknisi, atau orang biasa saja, melakukan penelusuran kepustakaan yang sarat akan budaya yang pernah di tulis manusia lainnya, mulai dari karya umum, filosofi, agama, ilmu sosial, bahasa, ilmu murni, teknologi, seni, kesusastraan, sampai kepada sejarah dan geografi. Dengan kata lain kepustakaan ( literature) berada disana dan melalui kepustakaan ini pulalah, apabila disertai dengan suatu kegiatan pengajaran dan pembelajaran yang relevan dan menyenangkan, seorang anak akan memperoleh kemampuan keaksaraan (Literacy) yang meliputi bukan hanya membaca dan menulis, tetapi juga menyimak dan berbicara, serta berbagai subketerampilan pendukung lainnya.

                                                                                                                                                                Oleh karena itu, harapan saya adalah, setelah membaca buku ini. Saya, guru dan pihak-pihak yang terkait dalam lembaga pendidikan dapat melibatkan diri dalam pengajaran dengan menggunakan unsur PPK dalam pembelajaran sehingga akan memberikan manfaat seperti:

  1. Agar siswa memperoleh keterampilan dan prestasi keaksaraan dalam arti yang sebenarnya dengan dimulai dari terbentuknya minat yang tinggi untuk membaca.
  2. Melalui strategi PKK dengan seperangkat metode dan teknik pengajaran dan pembelajarannya diharapkan dapat mewujudkan pembangunan kemampuan keaksaraan dalam bahasa Inggris secara efektif, tepat dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 848,625 hits
Alesha lagi trsenyum..
%d blogger menyukai ini: