contoh lesson plan PKn

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah                 :    SMP NEGERI 1 TANJUNG RAJA     

Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Kelas/Semester               :     IX/2

Alokasi Waktu                 :     2 x 40 menit

Standar Kompetensi       :     3.   Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,

                                                      berbangsa, dan bernegara.

Kompetensi Dasar           :     3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

  1. Menjelaskan sejarah globalisasi;
  2. Menjelaskan pengertian globalisasi;
  3. Menyebutkan ciri-ciri globaliasi;
  4. Menyebutkan faktor pendorong glabalisasi;
  5. Menjelaskan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.

Karakter siswa yang diharapkan :

 

  1. Dapat dipercaya ( Trustworthines)
  2. Integritas ( integrity )
  3. Peduli ( caring )
  4. Jujur ( fairnes )
  5. Kewarganegaraan ( citizenship )

A. Tujuan Pembelajaran:

Dengan memberikan tugas mandiri melalui  metode Big 6 peserta didik dapat menjelaskan sejarah, pengertian, ciri-ciri, faktor dan arti penting globalisasi.

B. Materi Pembelajaran

 

  1. Sejarah globalisasi

Dari ahli  sejarah globalisasi berkembang pada abad dua puluhan,  Adanya dominasi perdagangan kaum muslim di Asia & Afika, Adanya eksplorasi oleh bangsa Eropa, Spanyol, Portugis & Belanda, dan  Perusahaan Eropa mulai membuka cabang di Indonesia (Freeport dari AS, Unilever dari Belanda).

  1. Pengertian globalisasi

Globalisasi adalah Suatu proses yang menyebabkan kejadian, keputusan, dan  kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi bagi individu dan masyarakat di daerah lain.

  1. Ciri-ciri globalisasi

Adanya perubahan ruang dan waktu, meningkatnya interaksi kultural melaui media massa, ketergantungan negara-negara pada pasar dan Bidang-bidang: krisis multinasional menjadi masalah.

  1. Faktor pendorong glabalisasi

Produk nasional kotor tumbuh dan meningkat dengan cepat,  Bersamaan dengan perkembangan-perkembangan muncul faktor yang bertindak sebagai pemicu seperti revolusi dalam teknologi, dan Kekuatan-kekuatan mempermudah munculnya perusahaan besar berskala global.

  1. Arti penting globalisasi bagi Indonesia

Bagi Indonesia globalisasi dapat diartikan sebagai sebuah resep meliputi liberalisasi pasar global dan pasar nasional dengan asumsi bahwa arus perdagangan bebas, modal dan arus informasi akan menciptakan hasil yang terbaik bagi pertumbuhan dan kemakmuran umat manusia.

C. Alat dan Sumber Belajar

Sumber:

  • Buku Paket, yaitu: Buku PKn SMP Kelas IX
  • Buku referensi lain yang mendukung

Alat

  • Laptop
  • LCD

D. Metode Pembelajaran

  • Model Pembelajaran   : Strategi Pemecahan Masalah (The Big 6)
  • Metode                        : Tanya jawab dan penugasan

E. Kegiatan Pembelajaran

  1. Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

Pendidik:

  • Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain).
  • Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai
  1. Kegiatan Inti
    1. Eksplorasi (20 Menit)

Peserta didik:

  • Peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
  • Peserta didik menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar

Pendidik:

  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  • Memberikan penguatan dan memotivasi peserta didik untuk memahami proses pembelajaran melalui pengkajian referensi tentang sejarah, pengertian, ciri, faktor pendorong dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia.
  • Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.

2. Elaborasi (35 Menit)

Pendidik:

  • Mengkondisikan peserta didik dari permasalahan yang ada kedalam kegiatan pembelajaran yang akan dihadapi
  • Memfasilitasi, mengarahkan dan memberikan motivasi belajar

Peserta didik:

  1. Pendefinisikan tugas
  • Mendefinisikan permasalahan informasi mengenai permasalahan gloabalisasi yang terjadi di masyarakat.
  • Mengidentifikasikan informasi yang dibutuhkan seperti mengindentifikasikan informasi apa saja yang perlu di angkat dalam topik yang akan di bahas, topik yang akan di bicarakan  adalah dampak globalisasi dalam kehidupan masyarakat di bidang ekonomi dan teknologi dan bidang ideology/politik.
  1. Mencari Informasi
  • Menetapkan seluruh sumber belajar yang diperlukan;
    • siswa meramu pendapat tentang seluruh kemungkinan sumber yang di dapat atau strategi yang akan di gunakan untuk menyelesaikan permasalahan.
    • Menghasilkan data sumber yang mungkin didapat untuk memecahkan permasalahan
    • Mengidentifikasi berbagai alasan menggunakan jenis sumber tertentu.
  • Memilih sumber terbaik;
    • Memilih sumber-sumber yang tepat yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan.
    • Menggunakan berbagai jenis sumber yang tepat
    • Memberikan alasan mengapa menggunaka sarana atau strategi untuk memecahkan masalah
  1. Menemukan lokasi dan mengakses sumber
  • Menemukan lokasi sumber (dalam bentuk fisik atau secara intelektual); siswa harus menemukan sumber-sumber sendiri yang akan menjadi sumber yang dapat di kunjungi.
  • Menemukan informasi dalam berbagai sumber; siswa membuat sendiri daftar tentang sumber-sumber informasi, siswa mencari informasi tersebut dan siswa mencoba menemukan bahan-bahan yang tepat untuk menjawab pertanyaan.
  1. Menggunakan informasi
  • Melibatkan diri
    • Membaca, mendengar, memandang, menyimak ataupun menyerap informasi dan memahaminya
    • Menetapkan informasi apa yang akan membantumenjawab berbagai pertanyaan
    • Mengenal informasi yang relevan baik tulisan maupun tayangan informasi visual
  • Merangkum informasi yang relevan
    • Membuat daftar-daftar point penting
    • Menggarisbawahi atau menandai informasi yang relevan
    • Merangkum suatu idedengan menggunakan kata-kata sendiri
  1. Membuat sintesis
  • Menyusun informasi dari berbagai sumber
    • Menetapkan seluruh informasi agar terpadu dengan baik
    • Menarik kesimpulan, mengintegrasikan dan mengorganisir informasi dengan cara yang tepat
    • Menambahkan pemikiran dan pendapat sendiri ke dalam tugas
    • Menciptakan rentang waktu dan carta secara kronologis menggunakan word processing untuk merevisi tulisan dan menyusun informasi menggunakan powerpoint.
  • Menyajikan informasi; menyajikan karyanya dengan menggunakan powerpoint
  1. Melakukan Evaluasi
  • Menilai Hasil
    • Mendemonstrasikan kemampuannya untuk mengevaluasi powerpoint berdasarkan isi dan format
    • Menggunakan keterampilan mengevaluasi diri untuk memperbaiki hasil kerja
    • Menggunakan keterampilan mengevaluasi  secara tepat selama pengeditan sesama teman
    • Menilai Proses; merefleksikan dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses penulisan
  1. Konfirmasi (15 Menit)

Peserta didik:

  • Mengajukan argumentasi untuk memperkuat pendapatnya dengan baik dan santun
  • Peserta didik dapat menerima perbaikan konsep yang salah dari guru

Pendidik:

  • Memberikan penilaian secara formatif terhadap hasil kerja siswa
  • Bertanya kepada peserta didik tentang materi apa yang saja masih dirasakan sulit
  • Berperan sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang mengalami kesulitan
  • Memberikan penguatan kepada siswa yang aktif dan memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup

Pendidik:

  • Membimbing peserta didik untuk merangkum materi pembelajaran
  • Memberikan kuis kepada pesera didik
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

F. Penilaian Hasil Belajar

  • Jenis tagihan         : tugas individu
  • Bentuk tes tertulis : uraian singkat
  • Teknik penskoran : setiap soal mendapat skor 20
  1. Benar 5 mendapat skor 100
  2. Benar 4 mendapat skor 80
  3. Benar 3 mendapat skor 60
  4. Benar 2 mendapat skor 40
  5. Benar 1 mendapat skor 20
  • Laporan/presentasi

Tes tertulis dilaksanakan setelah proses pembelajaran

Soal:

1.  Jelaskan pengertian globalisasi menurut kamu!

2.  Jelaskan faktor pendorong utama globalisasi ?

3.  Jelaskan ciri-ciri globalisasi?

4.   Jelaskan dampak globalisasi di bidang ekonomi dan teknologi?

5.  Jelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia?

Kunci Jawaban:

  1. Globalisasi adalah Suatu proses yang menyebabkan kejadian, keputusan, dan  kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi bagi individu dan masyarakat di daerah lain.
  2. Faktor pendorong glabalisasi antara lain: Produk nasional kotor tumbuh dan meningkat dengan cepat,  Bersamaan dengan perkembangan-perkembangan muncul faktor yang bertindak sebagai pemicu seperti revolusi dalam teknologi, dan  Kekuatan-kekuatan mempermudah munculnya perusahaan besar berskala global.
  3. Ciri-ciri globalisasi antara lain: Adanya perubahan ruang dan waktu, meningkatnya interaksi kultural melaui media massa, ketergantungan negara-negara pada pasar dan Bidang-bidang: krisis multinasional menjadi masalah.
  4. Dampak di bidang ekonomi dan teknologi yaitu: pertumbuhan yang cepat dalam perdagangan internasional dan keuangan akan ketergantungan antar negara, peningkatan utang dan ketergantungan negara-negara berkembang pada pasar keuangan internasional, dan pesatnya kemajuan teknologi dan transportasi yang memungkinkan terjadinya penyebaran informasi dan nilai-nilai secara global yang memperpendek jarak dan waktu.
  5. Arti penting globalisasi bagi Indonesia adalah bagi Indonesia globalisasi dapat diartikan sebagai sebuah resep meliputi liberalisasi pasar global dan pasar nasional dengan asumsi bahwa arus perdagangan bebas, modal dan arus informasi akan menciptakan hasil yang terbaik bagi pertumbuhan dan kemakmuran umat manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 848,625 hits
Alesha lagi trsenyum..
%d blogger menyukai ini: