Sistem Kepartaian Dunia

Masing-masing negara mempunyai sistem politik yang berbeda-beda, termasuk sistem kpartaian yang digunakan. Sistem kpartaian yang ada di dunia ini terdapat tiga macam sistem yaitu :

a. Sistem satu Partai (One Party Sistem)

Suatu negara yang menerapkan sistem ini hanya terdapat stu partai saja yang berkuasa dalam negaraitu bersifat dictator. Fungsi partai dalam sistm kepartaian ini sebagai pembimbing dan penggerak masyarakat serta menekan perpaduan anatara kepentingan partai dengan kepentingan rakyat. Negara yang menerapkan sistem ini adalah beberapa negara Afrika, Erofa Timur, RRC serta Korea Utara atau dinegara-negara komunis.

b. Sistem Dua Partai (Two Party Sistem )

Suatu negara yang menerapkan sistem ini terdapat dua partai atau beberapa partai tetapi peranan dominan tetap pada dua partai yaitu partai yang berkuasa ( karena menang dalam pemilu ) danpartai oposisi ( karena kalah dalam pemilu ). Dalam sistem ini partai yang kalah dalam pemilu berperan sebagai pengecam utama terhadapa kebijakan partai yang duduk dalam pemerintahan, sedangkan partai yang menang dalam pemilu duduk dalam pemerintahan. Kedudukan partai yang berkuasa sewaktu-waktu dapat berpindah tangan, didasarkan pada hasil pemilu. Sistem ini sangat cocok diterapkan di masyarakat yang sifatnya homogin. Negara yang menerapkan sistem ini adalah Amerika serikat, Inggris, terutama negara-negara liberal.

c. Sistem Multi Partai ( Multy Party Sistem)

Suatu ngara yang menerapkan sistem ini terdapat banyak partai politik yang diperbolehkan hidup dan berkembang. Masing-masing partai politik mempunyai asas yang berbeda-beda. Biasanya didalam sistem ini susah di temukan adanya suatu partai yang memperoleh suara terbanyak, oleh karena itu dilakukan kualisi diantara beberapa partai agar suara yang diperoleh dapat menjadi suara terbanyak. Demikian juga dengan sistem pemerintahan yang dibentuknya juga pemerintahan kualisi. Sistem ini biasanya diterapkan dalam masyarakat yang bersifat majemuk (heterogin). Negara yang menerapkan sistem ini antara lain Perancis, Belgia, Nederland, Filipina, Indonesia dll.

 

1 Komentar (+add yours?)

  1. yos
    Mei 30, 2014 @ 23:29:26

    belajar menulis lagi, banyak yang kurang sempurna pengetiakannya makasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 848,625 hits
Alesha lagi trsenyum..
%d blogger menyukai ini: