STRATEGI-STRATEGI PENGAJARAN: Memadukan Teknologi dan Media

Presentasi

            Dalam sebuah presentasi sebuah sumber menyajikan, mendramatisasi, atau menyebarkan informasi kepada pemelajar. Seorang guru yang menyajikan presentasi mungkin langsung menjawabnya atau diharuskan menjawab.

Keuntungan:

  1. Menyajikan (hanya) sekali
  2. Strategi mencatat
  3. Sumber informasi
  4. Presentasi siswa

Keterbatasan:

  1. Sulit bagi beberapa siswa
  2. Berpotensi membosankan
  3. Kesulitan mencatat
  4. Kesesuaian umur

Integrasi

            Walaupun tidak selalu diangap sebagai pendekatan pengajaran paling sesuai untuk digunakan, presentasi bisa digunakan dalam cara-cara yang efektif.

Demonstrasi

            Dalam sebuah demonstrasi, para pemelajar melihat contoh nyata atau aktual dari sebuah keterampilan atau prosedur untuk dipelajari. Demonstrasi mungkin direkam dan diputar ulang melauli sarana media seperti video.

Keuntungan:

  1. Melihat sebelum melakukan
  2. Panduan tugas
  3. Penghematan suplai
  4. Keamanan

Keterbatasan:

  1. Tidak langsung dikerjakan
  2. Pandangan yang terbatas
  3. Masalah mengikuti

Integrasi

            Sebagai seorang guru anda bisa menggunakan teknologi dan media untuk membantu anda dengan demontrasi didalam ruang kelas. Anda bisa menyajikan video demonstrasi di depan kelas, memperlihatkannya kepada seluruh kelas dan membahas bersama mereka tentang apa yang mereka lihat.

Latihan dan Praktik

Dalam latihan dan praktik, para pemelajar dibimbing melewati serangkaian latihan praktis yang dirancang untuk menyegarkan kembali atau meningkatkan pengetauan konten spesifik atau sebuah keterampilan baru. Agar efektif, latihan dan praktik harus menyertakan umpan balik untuk memperkuat respons yang benar dan memperbaiki kesalahan yang mungkin dibuat para pemelajar di sepanjang penerapannya. Tujuan dari latihan dan praktik adalah bahwa para siswa akan menguasai atau mempelajari informasi tanpa kesalahan.

Keuntungan:

  1. Umpan balik untuk memperbaiki
  2. Memisah-misah informasi
  3. Praktik yang telah terbentuk

Keterbatasan:

  1. Refentatif
  2. Berpotensi membosankan
  3. Potensi belajar

Integrasi

            Latihan dan praktik umum digunakan untuk tugas-tugas seperti belajar matematika, belajar bahasa asing dan mengembangkan kosakata, biasanya bagus diterapkan untuk metode latihan dan praktik ini.

Tutorial

            Dalam tutorial, seorang tutor –dalam bentuk seorang manusia, piranti lunak komputer atau materi cetakan khusus-menyajikan konten, mengajukan  pertanyaan atau persoalan , meminta respon paar pemelajar, menganalasis respon tersebut, memberikan umpan balik yang tepat dan  menyediakan praktik hingga  para pemelajar menunjukkan level dasar kompetensi.

Keuntungan:

  1. Belajar mandiri
  2. Menukar sendiri kemajuan
  3. Individualisasi

Keterbatasan:

  1. Berpotensi membosankan
  2. Berpotensi membuat frustasi
  3. Berpotensi kekurangan panduan

Integrasi

            Anda mungkin saja, mempertimbangkan menggunakan teknologi dan media sebagai cara menyampaikan tutorial. Banyak program piranti lunak computer dirancang untuk menyampaikan pengajaran kepada siswa. Sebagai misal sistem belajar terpadu (ILS)  merupakam bentuk pengajaran yang ditawarkan di komputer.

Diskusi

            Diskusi adalah pertukaran gagasan dan opini di antara siswa tau guru. Strategi ini bisa digunakan dalam tahap pengajaran dan pembelajaran. Diskusi merupakan cara yang bermanfaat dalam menakar pengetahuan, keterampilan dan sikap dari kelompok siswa sebelum mengakhiri tujuan pengajaran.

Keuntungan:

  1. Menarik
  2. Menantang
  3. Inkklusif
  4. Kesempatan bagi gagasan baru

Keterbatasan:

  1. Berpotensi melibatkan partisipasi terbatas
  2. Terkadang tidak menantang
  3. Tingkat kesulitan
  4. Kesesuaian usia

Integrasi

            Diskusi bisa menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan sebuah topic baru. Beberapa bentuk media lebih kondusif bagi diskusi ketimbang bentuk media lainnya.

Belajar Kooperatif

            Merupakan strategi pengelompokkaan dimana para siswa bekerja sama untuk saling mnedapat keuntungan dari potensi belajar anggota lainnya.

Keuntungan:

  1. Manfaat belajar
  2. Formal atau informal
  3. Kesempatan belajar
  4. Area konten

Keterbatasan:

  1. Keterbatasan ukuran
  2. Berpotensi berlebihan-digunakan
  3. Keterbatasan anggota kelompok

Permainan

            Permainan memberikan lingkungan kompetitif yang didalamnya pemelajar mengikuti aturan yang telah ditetapkan saat mereka berusaha mencapai tujuan pendidikan yang menantang.

Keuntungan:

  1. Keterlibatn
  2. Sesuai dengan hasil
  3. Beragam suasana
  4. Mendapatkan perhatian

Keterbatasan:

  1. Pertimbangan persaingan
  2. Tingkat kesulitan
  3. Mahal
  4. Niat yang salah arah

Simulasi

            Simulasi melibatkan para pemelajar menghadapi situasi kehidupan nyata dalam versi diperkecil. Simulasi memungkinkan praktik realistik tanpa harus mengeluarkan biaya dan resiko.

Keuntungan:

  1. Keamanan
  2. Reka ulang sejarah
  3. Langsung dilaksanakan
  4. Berbagai tingkat kemampuan

Keterbatasan:

  1. Perpresentasi diragukan
  2. Kompleksitas
  3. Suasana yang baru mungkin sulit
  4. Keharusan menanya ulang

Integrasi

            Dalam beberapa simulasi, parasiswa merekayasa model matematis untuk menentukan pengaruh pengubahan variabel tertentu, seperti pengendalian kecepaatan pemain ski dengan tingkat kemiringan.

Penemuan

            Strategi penemuan (discovery) menggunakan pendekatan induktif atau penyelidikan untuk belajar, strategi ini mennyajikan masalah untuk diselesaikan melalui percobaan dan kesalahan (trial and eror).

Keuntungan:

  1. Keterlibatan
  2. Langkah-langkah yang berulang
  3. Kendali siswa atas pembelajaran

Keterbatasan:

  1. Factor waktu
  2. Penyiapan itu penting
  3. Salah paham

Integrasi

            Belajar penemuan dapat menjadi sarana membantu para siswa untuk mendapatkan informasi yang ingin mereka ketahui mengenai topic atau minat tertentu.

Penyelesaian Masalah

            Melibatkan penempatan para siswa dalam peran aktif berhadapan dengan masalah baru yang ditemukan dalam kehidupan nyata.

Keuntungan:

  1. Keterlibatan
  2. Konteks untuk belajar
  3. Tingkat kerumitan
  4. Sulit untuk diciptakan
  5. Kesesuaian usia
  6. Makan waktu
  7. Membutuhkan menayangkan ulang

Integrasi

            Webquest merupakan jenis masalah terstruktur untuk diselesaikan oleh siswa dengan menggunakan internet sebagai salah satu sumber daya untuk mengumpulkan informasi .

Strategi yang berpusat pada guru: Guru merupakan fokusnya, yang bertindak mengarahkan belajar melalui cara-cara yang mengandung tujuan.

Strategi yang berpusat pada siswa: Siswa merupakan fokusnya, yang memimpin dan mengarahkan situasi belajar

Menciptakan pengalaman

  1. Perspektif behavioris
  2. Persfektif kognitivis
  3. Persfektif konstructivis
  4. Persfektif psikologi social

Situasi dan konteks belajar

  1. Pengajaran tatap muka dikelas
  2. Belajar jarak jauh
  3. Campuran
  4. Belajar mandiri berstruktur
  5. Belajar informal tidak berstruktur.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Smaldino, Sharon. Lowter, Deborah. Russel, James D. 2011. Teknologi    Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 846,003 hits
Alesha lagi trsenyum..
%d blogger menyukai ini: