Mata Minus dan Mata silinder

Minus / Miopi / Rabun Jauh

Miopi atau mata dekat adalah cacat mata yang disebabkan oleh bola mata terlalu panjang sehingga bayang-bayang dari benda yang jaraknya jauh akan jatuh di depan retina. Pada mata dekat ini orang tidak dapat melihat benda yang jauh, mereka hanya dapat melihat benda yang jaraknya dekat. Untuk cacat seperti ini orang dapat ditolong dengan lensa cekung (negatif). Miopi biasa terjadi pada anak-anak.

Berikut adalah gambar perbedaan antara mata normal dengan mata miopi
Mata Normal :

Mata miopi

mata normal Vs mata miopi

Miopi dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa cekung atau negatif atau minus. Oleh karena itu mata miopi disebut juga dengan mata minus.

Mata Plus / Rabun Dekat / Hipermetropy

Hipermetropy atau rabun dekat adalah mata hanya dapat melihat jarak jauh. Mata hipermetropik lebih pendek daripada mata normal. Cahaya dari objek jarak dekat (misalnya ketika membaca buku), tidak dapat terfokus secara jelas pada retina. Mata terlalu pendek sehingga objek jarak dekat terlihat kabur.

Hipermetropy atau rabun dekat dapat ditolong dengan kacamata berlensa cembung / positif / plus.

Astigmatisma/Mata Silinder/Silindris

Astigmatisma merupakan kelainan yang disebabkan bola mata atau permukaan lensa mata mempunyai kelengkungan yang tidak sama, sehingga fokusnya tidak sama, akibatnya bayang-bayang jatuh tidak pada tempat yang sama. Untuk menolong orang yang cacat seperti ini dibuat lensa silindris, yaitu yang mempunyai beberapa fokus.

Idealnya, mata kita berbentuk bulat seperti bola sepak, sehingga semua sinar yang dibiaskan dari suatu objek yang masuk ke dalam mata kita akan bertemu di satu titik retina. Pada kelainan mata astigmatisma, bola mata berbentuk elips atau lonjong seperti bola rugbi sehingga sinar yang masuk ke dalam mata tidak akan bertemu di satu titik retina, hal ini akan menyebabkan pandangan menjadi kabur, tidak jelas, berbayang baik pada saat melihat jauh maupun dekat.

Astigmatisma atau mata silindris dapat ditolong dengan menggunakan lensa silinder baik itu berupa kaca mata atau lensa kontak

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 965,589 hits
Barusan leca bawak wadah camilan dia k kamar, minta d bukain, habis d bukain di ambil satu makananya trus d taroknya lagi d dapur. 1tahun 2,5 bulan.
%d blogger menyukai ini: