Ciri-ciri Pemerintahan Demokrasi

Ciri-ciri Pemerintahan Demokrasi

            Sebuah Negara bisa di sebut sebagai Negara demokrasi manakala memiliki sejumlah ciri-ciri. ciri-ciri itu sering disebut sebagai pilar demokrasi. Adapun cirri-ciri pemerintahan demokrasi sebagai berikut:

1. Kedaulatan rakyat

Kedaulatan berarti kekuasaan tertinggi. Dalam Negara demokrasi, pemilik kedaulatan adalah rakyat bukan penguasa. Kekuasaan tertinggi ada pada rakyat. Kekuasaan yang dimiluki oleh penguasa berasal dari rakyat.

2. Pemerintahan didasarkan pada persetujuan rakyat

Prinsip ini menghendaki adanya pengawasan rakyat terhadap pemerintahan. Dalam hal ini, penguasa Negara tidak bisadan tidak boleh menjalankan kehidupan  Negara berdasarkan kemauannya sendiri.

 3. Pemerintahan mayoritas dan perlindungan hak-hak minoritas

Prinsip ini menghendaki adanya keadilan dalam keputusan. Keputusan yang sesuai dengan kehendak rakyat. Dalam kenyataan, kehendak rakyat bias berbeda-beda, tidak sama. Dalam hal demikian, berlaku prinsip majority rule . maksudnya keputusan diambil sesuai kehendak mayoritas rakyat. Namun, keputusan tersebut hatus menghormati hak-hak minoritas (minority rights).

 4. Jaminan hak-hak asasi manusia

Prinsip ini menghendaki adanya jaminan hak-hak asasi. Jaminan tersebut dinyatakan  dalam konstitusi. Jaminan hak asasi itu sekurang-kurangnya meliputi hak-hak dasar. Hak-kah tersebut meliputi: hak mengemukakan pendapat, berekspresi, dan pers bebas; hak beragama; hak hidup, hak berserikat dan berkumpul; hak persamaan perlindungan hokum; hak atas proses peradilan yang bebas. Namun demikian. Di sini berlaku prinsip: hak asasi manusia harus senantiasa dikembangkan (diperbaiki, dipertajam, dan ditambah hak-hak lainnya).

 5. Pemilu yang bebas dan adil

Prinsip ini menghendaki adanya pergantian pimpinan pemerintahan secara damai dan teratur. Hal ini penting untuk menjaga agar kedaulatan rakyat tidak di selewengkan. Untuk itu diselenggarakanpemilihan umum (pemilu).

6. Persamaan di depan hukum

Prinsip ini menghendaki adaanya persamaan politik. Maksudnya, secara hukum ( didepan hukum) setiap warga Negara mempunyai kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan keputusan politik. Jadi, siapa saja memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi. Itu berarti tidak boleh ada sikap membeda-bedakan (diskriminasi), entah berdasarkan suku, ras, agama, antargolongan maupun jenis kelamin.

7. Perlindungan hukum

Prinsip ini menghendaki adanya perlindungan hukum warga Negara dari tindakan sewenang-wenang oleh Negara. Misalnya warga Negara tak boleh di tangkap tanpa alasan hukum yang jelas; warga Negara tak boleh dipenjarakan tanpa melalui proses hukum yang terbuka.

8. Pemerintahan di batasi oleh konstitusi

Prinsip ini menghendaki adanya pembatasan kekuasaan pemerintah melalui hokum. Pembatasan itu di tuangkan dalam konstitusi. Selanjutnya konstitusi itu menjadi dasar penyelenggaraan Negara yang harus di patuhi oleh pemerintah. Itulah sebabnya pemerintahan demokrasi sering di sebut “demokrasi konstitusional” dengan demikian, pemerintahan demokrasi dijalankan sesuai prinsip supremasi hukum (rule of law). Itu berarti kebijakan Negara harus didasarkan pada hukum.

 9. Penghargaan pada keberagaman

Prinsip ini menghendaki agar tiap-tiap kelompok social-budaya, ekonomi, ataupun politik diakui dan dijamin keberadaannya. Masing-masing kelompok memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan kehidupan Negara.

 10. Penghargaan terhadap nilai-nilai demokrasi

Prinsip ini menghendaki agar kehidupan Negara senantiasa diwarnai oleh toleransi, kemanfaatan, kerja sama dan konsesus. tolenrasi berarti kesedian untuk menahan diri, bersikap sabar, membiarkan dan berhati lapang terhadap orang-orang yang berpandangan berbeda. Kemanfaatan berarti demokrasi haruslah mendatangkan manfaat konkret, yaitu perbaikan kehidupan rakyat. kerja sama berarti semua pihak bersedia untuk menyumbangkan kemampuan terbaiknya dalam mewujudkan cita-cita bersama. Kompromi berarti ada komitmen untuk mencari titik temu di antara berbagai macam pandangan dan perbedaan pendapat guna mencari pemecahan untuk kebaiakn bersama.

About these ads

13 Komentar (+add yours?)

  1. rizkhanf@yahoo.com
    Mei 01, 2013 @ 14:12:25

    thanks banyak2

    Balas

  2. caca
    Jun 16, 2013 @ 12:45:13

    makasih . :)

    Balas

  3. Shidqy Azhari Maulidya
    Sep 08, 2013 @ 22:41:52

    makasih ya,,sangat membantu…

    Balas

  4. Glenn
    Nov 05, 2013 @ 06:16:19

    Trimakasih banyak,sangat membantu,lagu nya juga enak :)

    Balas

  5. cita
    Nov 13, 2013 @ 04:06:19

    terimakasih

    Balas

  6. Nikmatul Maula
    Nov 16, 2013 @ 12:52:29

    kereeennnnn ,makasih ya :)

    Balas

  7. bapak fauzul
    Des 02, 2013 @ 11:27:34

    perkenalkan saya bapak fauzul, pengusaha furniture dari jepara,

    pada dasarnya saya setuju dengan artikel yang ditulis diatas , itu semua adalah hakikat dari demokrasi pancasila kita yang sebenarnya, dan itu adalah tinjauan secara ideal dari demokrasi, tetapi berbanding terbalik dengan impelemntasi dari prinsip-prinsip demokrasi seperti yang ditulis diatas, yang katanya pemerintah melindunggi rakyatnya, dalam realitasnya belum ada, yang katanya kekuasaan dibatasi oleh konstitusi negara , pada fenomena yang terjadi para aparat semena-mena terhadap warganya,,,,,,, butuh pemaknaan secara khaffah terhadap arti ideal demokrasi…………………. terimakasih, dan kami tunggu responnya, salam kenal,,,,,,,,,,,,,

    Balas

    • amanahme
      Des 20, 2013 @ 15:57:21

      betul pak..di Indonesia..smua konsep mulai dari pancasila, hukum n sistem demokrasi sudah bagus, namun pada tahap implementasi di lapangan yg belum berjalan dgn baik.

      Balas

  8. Afrsil
    Jan 29, 2014 @ 10:57:48

    Sangat membantu :)

    Balas

  9. Nisya Auliya Syarif
    Feb 12, 2014 @ 02:16:19

    terima kasih banyak ibu….
    lagu’y bikin pikiran jadi tenang.

    Balas

  10. Azka Walina
    Mar 03, 2014 @ 12:27:57

    lagunya judulnya apa yaa ?? :)

    Balas

  11. julia sasmita
    Mar 16, 2014 @ 21:22:57

    kaget dengar lagunya tiba tiba nyala sendiri, makasih buat hiburannya :)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 339,644 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: